12.03.2008

UTAMA TAUHID

KEUTAMAAN TAUHID

Segala puji bagi Allah, salawat dan salam kepada Rasulullah.

Saudaraku seiman, berikut ini saya persembahkan kepadamu beberapa kalimat ringkas tentang keutamaan tauhid.
Sesungguhnya tauhid adalah kewajiban pertama yang diserukan para rasul, dan ia merupakan landasan utama dari misi dakwah mereka. Allah Ta'ala berfirman :

" Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "sembahlah Allah saja, dan jauhilah Thagut"(QS:An-Nahl:36)
Tauhid adalah hak Allah yang paling besar atas hamba-hambaNya. Di dalam "As Shahihain" (shahih Bukhary) dan Shahih Muslim diriwayatkan Mu'adz bahwa Rasulullah, bersabda :
"Hak Allah atas hamba-hambaNya ialah, bahwa mereka beribadah hanya kepada-Nya dan mereka tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain"

Maka barangsiapa yang telah merealisasikan tauhid, dialah yang berhak masuk surga. Dan sebaliknya, barangsiapa yang melakukan atau meyakini sesuatu yang bertentangan dan berlawanan dengan-Nya, maka dia akan menjadi penghuni neraka.
Demi eksisnya tauhid, Allah memerintahkan para Rasul memerangi kaumnya sampai mereka mau beriman kepadanya. Rasulullah bersabda :

"Aku diperintahkan memerangi manusia sampai mereka mau bersaksi, bahwa tiada tuhan yang patut disembah selain Allah" (HR:Bukhary&Muslim)

Merealisasikan tauhid adalah jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Sedangakan menyalahinya merupakan jalan yang menjerumuskan kejurang kesengsaraan. Merealisasikan tauhid adalah sarana untuk menyatukan umat, merapatkan barisan dan mencapai kebersamaan dan kesepakatan. Dan segala cacat/kekurangan dalam pelaksanaan tauhid merupakan puncak perpecahan dan kehancuran.

Ketahuilah wahai saudaraku, semoga Allah merahmati kita semua bahwa tiadak semua orang yang mengucapakan kalimat :"Laa ilaaha illa Allah", serta merta menjadi orang yang bertauhid/merealisasikannya. Akan tetapi, menurut para ulama, agar menjadi seorang yang bertauhid (muwahhid) mesti memenuhi 7 syarat sbb:
1.Ilmu, yaitu mengetahui makna dan maksud dari kalimat tauhid itu, baik dalam menetapkan (itsbat) maupun menafikkan (nafy), maka tiada yang berhak disembah selain Allah.
2.Yakin, yaitu meyakini dengan seyakin-yakinnya akan komitment dari kalimat tauhid itu.
3. Menerima dengan hati dan lisan/perkataan dan segala konsekwensinya.
4. Tunduk dan patuh kepada segala yang dikehendaki-Nya.
5.Benar dalam mengatakannya, artinya apa yang dikatakannya dengan lidah mesti sesuai dengan apa yang diyakininya didalam hati.
6. Ikhlash dalam melakukannya tanpa dicampuri riya'.
7.Mencintai kalimat tauhid dengan segala konsekwensinya.

Keutamaan Tauhid:
1. Tauhid adalah jalan/sarana terbesar untuk menghilangkan segala kesempitandan menghindari azab didunia dan akhirat.
2. Tauhid dapat menghalangi kekalnya seseorang didalam neraka, selama ia masih bersemi didalam hatinya walaupun hanya sebesar biji sawi. Dan apabila iman itu sempurna didalam hati, maka secara mutlak ia akan selamat dari neraka.
3. Dengan tauhid seseorang dapat meraih petunjuk dan keamanan yang sempurna didunia dan akhirat.
4. Tauhid adalah jalan satu-satunya untuk mencapai ridha dan pahala dari Allah s.w.t. Dan sesungguhnya orang yang paling beruntung mendapatkan syafaat Nabi Muhammad ialah orang yang mengatakan:"Laa ilaaha illa Allah" dengan hati yang ikhlash.
5. Bahwa semua amal perbuatan dan perkataan yang zahir dan yang bathin, ukuran sempurna atau diterima tidaknya dan diberi pahalaatau tidaknya tergantung kepada tauhids. Semakin kuat tauhid dan keikhlashan seseorang kepada Allah, semakin sempurna amalannya itu.
6. Sesungguhnya tauhid, apabila sudah bersemi diadalam hati, maka Allah akan menjadikan seseorang itu mencintai keimanan serta menjadikan keimanan itu indah didalam hatinya, dan menjadikannya membenci kekafiran, kefasikan, kemaksiatan dan memasukkannya kedalam golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk.
7.Dengan tauhid, seseorang dapat meringankan dari musibah dan penyakit. Maka kesiapan seseorang menerima musibah dan malapetaka, sesuai dengan kadar tauhid dan iman didadanya. Apabila iman dan tauhid sempurna, ia akan menghadapinya dengan hati yang lapang dan jiwa yang tenteram serta menerima dan ridha kepada takdir Allah.
Dan manfaat terbesar dari tauhid ialah membebaskan seorang hamba dari penghambaan, ketergantungan, takut dan berharap kepada makhluk serta beramal karena mereka. Inilah kemuliaan yang hakiki dan harga diri yang tinggi. Dan dengan demikian, ia hanya mencintai serta beribadah kepada Allah, berharap hanya kepada-Nya, tidak takut kecuali kepada-Nya dan tidak kembali melainkan kepada-Nya. Dengan demikian ia akan sukses dan beruntung.
8. Sesungguhnya Allah akan melindungi orang-orang yang bertauhid, dari segala keburukan didunia dan akhirat. Dan mengaruniakannya kepada mereka kehidupan yang baik, ketenteraman hati kepada-Nya, ketenangan jiwa dengan berdzikir/mengingat-Nya.

Dalili-dalil semua yang kita sebutkan diatas banyak sekali dalam Al-Qur'an dan sunnah.
Wallahu a'lam

www.bentengtauhid.blogspot.com

Tidak ada komentar: